Perkembangan Teknologi Saat Ini

Perkembangan teknologi internet banyak mempengaruhi perubahan di segala aspek kehidupan masyarakat dunia terutama dalam aspek informasi dan komunikasi, ekonomi dan bisnis serta sosial budaya. Beberapa dampak positif dari perkembangan teknologi internet adalah kemudahan dan kecepatan dalam memberikan dan memperoleh informasi, munculnya inovasi-inovasi dalam dunia bisnis yang meningkatkan pertumbuhan ekonomi Negara, serta berubahnya pola interaksi manusia karena adanya aplikasi-aplikasi yang mempermudah mereka dalam berkomunikasi.

Berdasarkan hasil riset Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) yang dirilis pada akhir Oktober 2016, diperoleh bahwa pengguna internet di Indonesia mencapai 132,7 juta orang atau 51,8% dari total penduduk Indonesia yang berjumlah 256,2 Juta Orang. Alasan utama mengakses internet adalah adalah 31,3 juta untuk mendapatkan update informasi, 27,6 juta terkait pekerjaan, 17,9 juta untuk mengisi waktu luang, 13,6 juta untuk sosialisasi, 12,2 juta terkait pendidikan, 11,7 juta terkait hiburan dan yang terakhir 10,4 juta untuk bisnis, berdagang dan mencari barang.

Jika dilihat dari sektor pekerjaan, internet di Indonesia mayoritas dimanfaatkan pada  perdagangan (31,5%), jasa (26,1%) dan pendidikan (8,3%). Angka-angka tersebut terbilang kecil untuk memposisikan Indonesia dalam bersaing dengan negara-negara lain yang sudah melek IT. Indonesia dalam bersaing dengan negara-negara lain yang sudah melek IT.

Selain itu dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), Indonesia harus mampu bersaing dengan negara-negara ASEAN dalam menghadapi sistem perdagangan bebas di kawasan ASEAN. Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu pelaku yang harus didorong untuk meningkatkan kemampuannya dalam bersaing di era teknologi ini. Saat ini UMKM memberikan kontribusi sebesar 55% dari GDP Indonesia. E-commerce dapat membantu UMKM meraih pasar yang lebih luas baik domestik maupun internasional.

Berbicara tentang internet, ada dua hal sangat berkaitan yaitu nama domain dan hosting. Nama domain adalah alamat unik yang dikenali pada jaringan internet yang merepresentasikan suatu website. Website berisi informasi untuk berbagai tujuan seperti bisnis, pendidikan, sosial, dan lain sebagainya. Sedangkan hosting adalah ruangan (space) di internet untuk menempatkan data dari nama domain agar dapat terbaca dalam perambah (browser) internet.

Internet juga ibarat dua sisi mata uang, sisi yang pertama penuh dengan konten positif seperti ekonomi, perdagangan, pendidikan, ilmu pengetahuan, sosial, seni, dan budaya. Disisi yang kedua internet memiliki konten negatif seperti pornografi, perjudian, kekerasan, dan nilai-nilai negatif lainnya dalam masyarakat. Karena sifatnya yang global inilah, pemerintah berupaya memajukan internet Indonesia kearah penggunaan yang positif untuk perdagangan, pendidikan, dan sosial budaya.

Dalam rangka mendorong tumbuhnya nama Domain Indonesia serta mendorong pertumbuhan e-commerce di Indonesia maka Direktorat Aplikasi Informatika menyelenggarakan program Bantuan Pemerintah Pemberian Domain dan/atau Hosting untuk UMKM/IKM, Sekolah Umum, Pondok Pesantren, komunitas, dan desa.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s